Senin, 23 Februari 2015

Cozy Coffee Shop.

Cozy Coffee Shop.
Disanalah gue pertama kali ketemu dia. Seorang pelanggan reguler yang selalu duduk di meja terpojok dekat jendela. Dengan setelannya yang selalu simple, gue selalu suka caranya dia berkonsentrasi dengan laptopnya serta jari jemarinya yang gemulai mengetik kata demi kata untuk entah apa yang ada di balik laptop itu.
Tapi gue suka dia. Sebut gue stalker, tapi apa salah notice seseorang yang selalu ada di sana tiap gue dateng buat order morning coffee gue sebelum berangkat kerja?
Pernah sekali waktu pas gue lagi nunggu orderan gue, dia tiba-tiba nabrak gue pas baru aja masuk. Badannya kecil mungil, perawakannya gak semampai seperti cewe kebanyakan, rambutnya selalu digulung asal, dan outfit-nya tiap dateng selalu aja kaya orang baru bangun tidur. Hari itu sih dia dateng dengan hoodie warna biru plus celana piyama dan gak lupa sepasang sendal hotel. Entah apa yang buat gue tertarik, gue sendiri juga heran. Tapi memang ada sesuatu dalam dirinya dia yang bisa bikin orang terarik.
Dan jujur, gue ngerasa lucky bisa kenal sosoknya.
Namanya Athena, biasa dipanggil Athe. Umurnya 23, baru aja lulus sekolah hukumnya, but ended up as a writer she said. Dari kecil punya mimpi buat jadi columnist di New York Times tapi cuma bisa jadi penulis novel doang. She doesn't like coffee at all, yet she enjoys the aroma of coffee beans.
Pertama kali gue kenal dia adalah saat gue akhirnya memberanikan diri buat nyapa dia di Sabtu pagi itu. Gue inget, hari itu gue gak kerja tapi entah kenapa gue pengen banget ngeliat dia di kedai kopi itu. So I ended up walking in the rain just to get myself there. Apartemen gue gak jauh jaraknya dari kedai kopi itu, tapi tetep aja. Dingin-dingin, lagi hujan di luar, tapi gue tetep keluar cuma buat ketemu dia. Gue tau kelakuan gue itu bodoh, but I never regretted that day. Because that was one of the happiest days in my life.

••••
Sebagai seorang pecinta hujan, sangat wajar buatku untuk nikmatin setiap tetesan air yang jatuh ke tanah. I enjoy this feeling so much. Cold indeed, yet also comforting. Aku selalu cinta hujan, simply beause rain gets me so much inspiration to write. But not like any other rainy days, hari itu cukup spesial buatku. Kenapa? Karena the unknown guy I've always get curious of akhirnya menyapaku.
Tinggi badannya average, tubuhnya kurus tapi pas, matanya selalu menyapu seluruh isi ruangan tiap kali dia datang, aroma tubuhnya seperti kopi. Haha, inget banget aku waktu itu pernah nabrak dia pas baru aja sampe kedai. Wangi khas kopinya itu entah kenapa masih aku inget dalam pikiran. He's mysterious, tapi ya mau gimana lagi toh aku gak bisa kan tiba tiba dateng like, “hey nice to meet you, kenalin namaku Athena”. Engga kan?
Tapi hari itu spesial. Karena dia dateng pas lagi ujan-ujan layaknya pangeran berkuda di tengah keramaian ibu kota Jakarta.
Namanya Giovano, biasa dipanggil Gio. Umurnya 25, occupation-nya assistant chef di salah satu hotel kenamaan daerah Thamrin. Favorite beverage-nya espresso. Sebagai orang yang gak begitu menyukai kopi, jelas aku mempertanyakan kecanduannya itu terhadap kopi. And as simple as that he said,
“Karena kopi memang bikin nyandu, Te. Kamu sendiri? Kenapa gak suka kopi?”
Dan akupun cuma menjawab, “Gak tau, abis kopi pait, Yo.”
Karena jawabanku yang konyol, dia pun tertawa sambil mengacak rambutku. And believe me, se-simple itulah kita mulai dekat.
••••
Tell me about your dream, Te.” Kata Gio suatu hari itu pas kita lagi jalan ke Kota Tua pas malem. Entah kenapa, baru satu setengah bulan kenal, kita udah deket banget layaknya long lost friends yang udah lama gak ketemu.
“Hmm,” aku mendeham seraya meraih tangan besarnya untuk kugenggam. “I wanna live in a big city like New York, jadi columnist di New York Times, punya suami punya anak punya kucing peliharaan. Just as simple as that. Kalo kamu?”
Matanya melayang entah kemana, memandang langit malam ibu kota yang tengah berbintang itu. “I don't really have ‘dream’. Buatku mimpi itu gak terlalu jadi patokan hidupku. I never really depend on something, I just go with the flow. Mungkin mimpi terbesarku travelling sama seseorang yang tepat nanti.”
And what kind of person yang kamu sebut tepat itu?” Tanyaku mulai penasaran. Deep down, entah kenapa aku ingin jawabannya adalah aku. Tapi aku tau, satu setengah bulan tidak akan membuat seseorang jatuh cinta begitu saja. But I'm cliché, I fall in love easily. And believe me, it's not easy being me.
I don't know, I haven't decide yet.” Tatapan matanya tetap melayang berkelana entah kemana. Mungkin ruang hati itu sudah diisi oleh seseorang yang lain. Entahlah. Atau mungkin parahnya lagi, seseorang itu telah pergi namun tak dapat ia lupakan.
Memikirkan hal tersebut entah kenapa hanya bisa membuatku tersenyum miris, tak bisa mengungkapkan isi hati hanya karena aku tertalu takut kehilangan. “Tapi Te, kamu tau gak?” Suara itu mengembalikanku dari lamunan, membuatku menoleh ke arahnya. “Aku gak pernah bisa lupa kali pertama kita ngobrol. And I think I might have fallen in love with you at the first talk.
Dan lagi-lagi, se-simple itulah cinta mulai tumbuh.
••••
Perbedaan umur gak pernah membuat gue terpaku sama pasangan. Oke, harus gue akui dia gak secantik perempuan kebanyakan, gak secantik temen perempuan yang gue kenal di kantor, gak secantik resepsionis di lobby kantor yang setiap hari gue temui. But she has something else. Dan gue rasa sebenernya itu yang bikin gue sayang sama dia.
“Yo, di luar ujan yo.” Ucap perempuan berambut sebahu itu saat gue lagi sibuk nyetir mobil di tengah kemacetan ibukota Jakarta.
“Semuanya juga tau, Te, kalo di luar lagi ujan.” Ucap gue tanpa mengalihkan pandangan ke jalanan yang licin.
“Pengen ujan-ujanan deh, Yo.”
Gue melirik ke arahnya, tersenyum sepintas, lalu kembali memusatkan perhatian gue ke jalanan. “Kaya anak kecil aja sih pengennya ujan-ujanan.”
“Ih seru tau main ujan-ujanan.” Matanya masih memandang ke luar, menatap tetesan air hujan yang menetesi kaca mobil. “Dulu tuh Ayah suka cerita, ujan itu bawa berkah. Jadi sebagai rasa syukur, harusnya kita merasa bahagia atas hujan yang Tuhan berikan.”
“Tapi rasa syukurnya gak harus dengan ujan-ujanan kan?”
“Ya tapi tetep aja yo, aku jadi makin suka ujan semenjak hari itu.”
Lagi-lagi, gue melirik perempuan itu sebelum mengembalikan pandangan ke arah jalanan. “Semenjak kapan?” Tanya gue sedikit penasaran.
“Semenjak hari pertama kita ngobrol di Cozy, soalnya kita juga pertama kali ngobrol pas lagi ujan kan.”
Dan jujur, se-simple itulah kata-kata Athe bikin gue tersenyum sendiri.
••••
Kadang aku suka mikir deh sama perumpamaan yang bilang “tak kenal maka tak sayang”. Sebenernya masuk akal sih emang, tapi di era globalisasi kaya gini, sayang gak pernah mandang kenal atau engga. Kalo sayang ya sayang, gak harus bikin dua individu saling kenal dulu baru bisa saling sayang. Aku sama Gio juga gitu awalnya. Gak kenal, gak apa, tiba-tiba pertama kali ngobrol udah langsung sayang.
Cinta itu lucu ya emang, bisa bikin yang gak kenal jadi kenal. Dan harus aku akui, aku beruntung bisa kenal Gio. Masih muda, ganteng, mapan. Oke Gio gak seganteng Adam Levine, tapi yang namanya udah sayang mau sejelek apa juga pasti dibilang ganteng, kan? If only he could see that himself and let me be the one for him...
“Halo, Yo?” Ucapku saat mengangkat telepon dari Gio.
“Te, siap siap sana, 10 menit lagi aku kelar nih kerjaan. Abis ini aku mau ngajak kamu nge-date. Pake dress yang bagus ya sayang.” Ucapnya diseberang sana dengan nada menggoda.
Nge-date? Ya Tuhan udah kepala dua tapi ngomongnya masih kaya anak baru gede. Emang emang nih anak yang satu ini...
“Mau kemana emang, Yo?”
“Rahasia. Pokoknya bajunya yang rapi, harus cantik.”
“Ada acara kantor emang? Pada ngajak dinner bareng apa gimana?”
“Dibilangin rahasia juga. Udah sana mandi, siap-siap, dandan yang cantik biar bisa aku ajak nge-date.
“Yaudah kalo gak mau ngasih tau.” Aku mengembungkan pipi sedikit kesal.
“Ih jangan bete gitu ah. Buruan, nanti juga kamu tau sendiri sayang.”
Dan se-simple itu, Gio pun menutup teleponnya.
••••
Buat usia gue yang tergolong muda, entah kenapa gue berani buat ngelakuin hal ini. Ngelamar. Baru setahun jalan emang, tapi entah kenapa hati gue udah yakin buat milih dia. Dengan cincin Tiffany&Co yang udah gue beli beberapa hari lalu sama temen cewek gue, akhirnya gue pun siap buat ngelakuinnya hari ini.
Athena. Pertama kali gue ketemu dia di Cozy Coffee Shop deket apartemen gue. Sebagai pecandu kopi, wajar kalo tiap pagi sebelum berangkat ngantor gue selalu nyempetin diri buat beli espresso favorit gue. Dan dari situlah, gue mulai tau perempuan itu. Yang kerjaannya duduk di meja pojok deket jendela, ngetik entah apa yang ada dibalik laptopnya, sesekali menyesap teh chamomile-nya. Dari awal gue selalu tertarik sama dia. Dan entah kenapa gue selalu percaya bahwa dia orangnya.
“Kita mau kemana sih, Yo?” Athena mulai tak bisa diam. Dalam balutan dress hitamnya, entah kenapa serasa melihat calon ibu dari anak anak gue nanti.
“Kita ke Cozy dulu ya. Aku pengen pesen espresso dulu. Kamu mau chamomile tea kesukaanmu juga gak?”
Athe mengangguk pelan, memberikan isyarat ya. “Boleh deh, Yo, kamu yang turun ya tapi. Abisnya gak mungkin aku turun ketemu Alen dengan baju rapi kaya gini. Bisa-bisa diketawain aku yang ada.”
Gue cekikikan mendengar statement konyolnya itu. Jelas aja, semua pegawai di Cozy Coffe Shop udah kenal Athe entah dari kapan tau. Dan mereka tau persis kebiasaan Athe yang tiap dateng selalu pake baju piyama kaya orang bangun tidur. Jadi jelas aja mereka pasti bakal ngetawain anak yang satu ini kalo mereka liat dia pake baju rapi. “Iya sayang. Sebentar ya.” Gue mengacak rambutnya seraya melepas seatbelt gue dan bergegas masuk ke Cafe buat ngorder pesenan gue biasanya.
Alen, cewek berambut kecoklatan yang selalu nunggu kasir melihat gue dengan wajah sumringah saat gue masuk. “Gimana, Yo? Udah? Thena udah nerima?”
“Berisik lo, Len. Pesen espresso biasa ya sama chamomile tea biasanya si Athe.”
“Oh jadi acara nge-date nya belom nih? Gue pikir udah, Yo.” Alen cuma bisa tersenyum menggoda ke arah gue.
“Berisik lo ah, Len. Grogi nih gue dari tadi pagi mikirinnya.”
Alen yang mendengar itu segera tertawa begitu keras. “Seorang Gio bisa grogi juga ternyata?”
Gue pun cuma bisa memutar bola mata kesal. Emang ya, kalo situasinya gini pasti bakal pada ngetawain. Semua pegawai di sini udah kenal gue dan Athe. Dan mereka juga tau, kita jadian karena tempat ini. Mungkin ada suatu rahasia dari tempat ini. Saking secret-nya, gak ada yang bisa tau apa itu.
Setelah Alen membawakan pesenan gue, gue pun segera membayarnya dan bergegas kembali ke mobil. Jujur, tiap ngeliat Athe entah kenapa gue selalu grogi. Apalagi ngeliat dia pake baju rapi gitu. Satu-satunya hal yang bisa bikin gue tetep waras itu ya cuma espresso.
“Yo, kamu lagi stress ya?” Athe bertanya saat gue menyesap espresso gue.
Gue yang grogi ini cuma bisa ngelirik sambil terus menyetir. “Kenapa emang? Engga kok.”
“Itu espresso kamu masih panas banget aja udah kamu hajar.”
Seketika gue ngerasa makin grogi. Athe bener banget. Gue kalo udah stress ato grogi pasti butuh espresso kesayangan. Dan mau masih panas banget ato udah dingin sekalipun gue bakal ngejahar tuh espresso ampe stress gue ilang. “Engga kok, gak begitu panas ini, udah angetan.”
“Ada masalah di kantor?” Nadanya melembut, membuat gue makin grogi sendiri.
“Engga kok, Te. Di kantor baik-baik aja.” Gue mencoba tetap cool dengan memfokuskan diri pada jalanan ibu kota malem hari.
“Kamu yakin? Cerita aja kalo ada apa-apa.”
Gue menggenggam tangannya erat sambil berkata, “Iya sayang, kalo ada apa-apa pasti aku cerita kok sama kamu.”
“Aku sayang kamu, Yo.” Ucap perempuan itu lembut, yang saking lembutnya entah kenapa terdengar samar di telinga gue. Tapi gue yakin tiga kata itulah yang baru dia ucapin.
Tunggu ya, Te. Sebentar lagi kamu bakal tau kok.
••••
Gio merapatkan mobil di sebuah hotel tempat dia bekerja. Untuk sesaat aku berfikir tentang kemungkinan yang ada. Apa mungkin...? Ah tapi gak mungkin, Gio bukan tipe cowo mesum kaya gitu. Sebenernya udah sering Gio cerita tentang tempatnya bekerja, tapi gak pernah sekalipun dia mengajakku ke tempat ini. Entahlah, mungkin alasan privasi yang bahkan pacarnya sendiri pun gak boleh tau. Toh aku bukan tipe pemaksa yang akan maksa pasangannya buat cerita segalanya. Seiring dengan berjalannya waktu, aku yakin satu per satu cerita akan terungkap juga dengan sendirinya.
Saat kita turun, banyak dari staff kantornya yang tersenyum ke arahnya. Memang, walaupun masih muda tapi Gio adalah salah satu bibit unggul kesayangan bosnya. Muda, cekatan, pintar. Apa lagi yang kurang? Aku sendiri bersyukur bisa dapetin sosoknya.
“Sha, rooftop udah siap kan?” Gio menghampiri perempuan yang terduduk di lobby depan.
“Iya, Mas Gio. Dekorasi rooftop nya udah jadi.” Si mba mba itu menjawab, lalu entah kenapa tersenyum begitu saja saat melihatku. “Oh ini ya pacarnya Mas Gio? Haduu pantesan Mas Gio sayang banget pacarnya.”
“Ssstt, udah ah, Sha. Saya ke atas dulu ya. Makasih, Sha.” Gio pun menarikku masuk ke dalam lift.
“Tadi itu siapa, Yo?” Tanyaku mulai sedikit penasaran saat berada di dalam lift.
“Itu Marsha, yang biasa nunggu nerima tamu di lobby.” Jawab Gio singkat seraya aku ber-oh ria dalam diam.
“Trus ini kita mau ngapain?” Tanyaku lagi setelah beberapa saat.
“Mau nge-date lah. Masa aku mau ngapa-ngapain kamu di hotel tempatku kerja. Mau di kata apa aku?” Gio yang tampak grogi mulai tertawa memaksa. Lalu, lift pun kembali hening. 10 lantai. 15 lantai. 20 lantai. Akhirnya lift pun terbuka. Dan Gio memberikan isyarat untukku keluar lebih dahulu. What a ladies first kind of man he is.
Lalu, dalam keheningan kami kembali berjalan di lorong lorong hotel sampai akhirnya menemukan pintu bertuliskan ‘staff only’. Dan begitu gampangnya, kami pun masuk ke sebuah ruang masak yang walaupun sudah malam masih tetap ramai dengan para kokinya yang sibuk itu. Ketika Gio menangkap mata seseorang dan orang itupun tersenyum dan menghampiri kami.
“Oalah ini toh perempuan yang dari minggu lalu kamu omongin itu?” Laki-laki berusia sekitar 40-an itu tersenyum menggoda sambil menjabat tanganku.
“Aduh pak jangan di gituin pak, jadi gak enak ngerepotin.” Gio yang biasanya gagah berwibawa entah kenapa terlihat begitu grogi malam ini. Entah apa itu tapi aku sadar.
“Haduh, Yo, gak usah pake gak enak segala lah. Yaudah kaliah ke atas aja dulu. Nanti makanan bakal kita antar.” Laki-laki itu menepuk pundak Gio pelan seakan menyemangati.
Dan kembali dalam keheningan, kami meninggalkan ruang masak melewati pintu exit. Anak tangga yang begitu banyak itu memang tidak aku indahkan lagi, simply because I feel my heart beating two times faster. Dan aku juga gak tau kenapa bisa kaya gini.
Namun se-simple itulah, saat Gio membuka pintu, kami sudah berada di rooftop hotel dengan dekorasi romantisnya itu.
••••
Melihat wajah tercengangnya entah kenapa membuat gue begitu bahagia. Bukan seneng karena berhasil ngerjain dia. Tapi lebih karena seneng melihat responnya seperti apa yang gue harapkan.
“Yo, nge-date kok gini gini amat sih?” Ucap Athe dengan wajah memerah.
“Gini gini amat kenapa?” Gue cuma bisa tersenyum jail sambil menyeret kursi untuknya. “Udah lama gak fine dining kita. Menurutku ini gak berlebihan kok, Te.”
Dan emang bener, semenjak dua tiga bulan terakhir, kami berdua udah jarang banget keluar untuk sekedar ngedate. Entah karena kerjaan gue yang kian hari kian menumpuk, atau deadline ceritanya dia yang terus mengejar ngejar. Kami berdua adalah dua individu yang sangat bertolak belakang memang, tapi gue pikir selagi bisa mengerti dan percaya semuanya pasti bakal baik baik aja.
Dan seperti malam ini, gue harap diapun mengerti kenapa semua ini gak berlebihan. Karena malam ini udah seharusnya jadi unforgettable moment. So menurut gue emang gak salah buat nyiapin detailnya dengan sedemikian rupa.
“Kita bisa aja keluar kemana gitu, Yo. Fine dining di restoran biasa aja. Gak di tempat kamu kerja. Pasti malu lah bawa aku ke sini.”
“Buat apa aku malu sih, Te. Kalo aku malu, kenapa semua staff di sini tau tentang kamu?” Dan yang gue lempari pertanyaan pun hanya bisa menggeleng no idea sambil tersipu malu.
“Oh iya, Yo, yang tadi itu siapa?” Athe lalu bertanya.
“Yang tadi itu head chef di sini. Namanya Pak Agus Ristiyanto. Galak banget emang kalo udah di dapur, tapi kalo udah di luar dapur dia baik banget orangnya. Aku juga curhat tentang kamu kan ke dia, Te.” Gue tertawa kecil. “Aku sebagai anak bawang yang termasuknya masih ingusan gini wajarlah minta advice sebanyak banyaknya ke dia. Toh dia emang udah berpengalaman kan.”
Athe yang sedaritadi berpangku tangan itu cuma bisa ngangguk ngangguk ngedenger gue cerita, yang pada akhirnya lalu membuka mulut, “Trus kenapa nge-date nya di sini malem ini?”
Gue cuma bisa tersenyum sambil bilang, “Nanti kamu juga tau sendiri sayang.”
••••
Setelah serentetan makanan itu kami lahap habis, pelayan kembali datang dengan champagne dan kembali menuangkannya ke gelas kami masing masing. Udah lama emang gak fine dining kaya gini, tapi Gio kesambet setan apa ya bisa tiba tiba kaya gini? Hihi...
“Te…” Gio membuka mulutnya setelah menenggak setengah isi gelas champagne-nya itu. “Kita udah kenal berapa lama sih?”
“Hhmm…” Aku terdiam, berpura pura menghitung walau sebenernya aku ingat. “Setaun tiga bulan ya?”
Official-nya sih emang segitu. Tapi yang gak official-nya? Dari sebelum jadian?”
“Gak tau ah lupa. Tiga bulan bukan sih?”
“Terus inget gak pertama kali notice aku gimana?”
“Ya gitu. Kamu selalu aja dateng tiap pagi, ngorder espresso sebelum berangkat ngantor. Setelah pulang juga kadang kamu suka nyempetin dateng buat ngorder apapun yang bisa diorder. Tapi Alen bilang sebenernya itu cuma biar kamu bisa liat aku doang…”
Gio yang ketahuan kedoknya itupun pada akhirnya cuma bisa malu dengan muka merah. “Iyasih bener. Tapi ya pada akhirnya kamu juga suka kan?” Dan tepat sasaran, Gio pun berhasil bikin aku juga ikutan malu dengan muka merah.
“Ya tapi siapalah aku sih, Yo, waktu itu? Orang gak kenal, gak apa, masa tiba tiba nyapa gak jelas? Lagipula aku juga sadar diri kali waktu itu, dengan outfit yang selalu lusuh, gak mungkin aku nyapa kamu. Yang ada pasti kamu illfeel.”
Gio tersenyum. “Mau selusuh apa baju kamu, aku tetep suka ngeliatin kamu kok, Te. Aslideh, gak boong. Dan kalopun aku nyanyain hal ini ke kamu, tolong janji ya buat jangan nolak.”
Deg. Seketika entah kenapa aku ngerasa grogi sendiri. Dan benar. Skakmat. Gio ngeluarin sebuah kotak beludu merah dari kantong celananya, membukanya, lalu kembali natap aku. “Te, mau gak jadi teman hidupku sampe nanti?”
Apa aku nangis? Jelas. Gimana engga? Di umur yang masih muda gini, nemu sosok yang kaya Gio, it's a rare kind of thing okay. Jadi gak akan pernah lah aku sia siain kesempatan kaya gini. So dengan kalap aku mengangguk bahagia.
Dan Gio, yang lamarannya baru aja diterima sama aku, bangun dari tempatnya duduk dan langsung meluk aku dengan erat. “I love you, Te.” Bisiknya pelan.
I love you too, Yo.
Dan yap, se-simple itulah ekspektasi tentang hidup indah layaknya negeri dongeng berubah menjadi realita.





******
idektatablake ® Februari 2015.

Untuk kamu, cerita ini tentang percakapan kita hari itu. Semoga kamu mengingatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar